Current Achievement :
Blog's Layout Version 22 "2016 Badge" ― 29 January 2016
Blog's 700th Post ― 20 August 2016
Blog's 100.000 Visitors ―
20 August 2016

It`s easy! Just click labels below :

Diary | Event | Introduction | Resensi | Download | Birthday and Anniversary
Pet Society | Walt Disney | Korea | Japan | Pirates and the Mermaid
Pulang Sekolah Family | Cerita Panjang | Anime, Game, Cartoon Lists on Blog

Or type your keyboard that you are looking for on the box below, then click SEARCH

search?

Friday, January 16, 2015

Back to Sweets


Edisi alay.

Gue ngerasain lagi.
I am currently in a state where I tired of eating big meal and just want some sweets.
LOTS of sweets.
EVEN MORE SWEETS!

Bukan bosen makan, cuma lagi bosen makan nasi.
Lambung kembali nggak memungkinkan untuk makan sesuatu yang cukup berat.

Entah sejak kapan gue kena asam lambung.
AND it really hurts.

Asam lambung biasanya gue rasain kalo telat makan, terutama makan siang. Kalo makan siang udah lewat nih, sorenya pasti langsung pusing terus malemnya mual dan lemes. Mau dimasukin makan malem juga masih ngerasa lemes walau berangsur bisa membaik. Keadaan ini selalu berulang setiap telat makan.

Sering mual. Hamil?
Da aku mah apa atuh~
Mual yang biasanya gue rasain ngebuat gue jadi hilang nafsu. Nafsu makan yeee. Jadi nggak selera buat makan besar, terutama nasi. Kalo udah gini mau nggak mau harus pilih-pilih makanan, nggak boleh makan yang mengandung banyak rasa asam. Namanya juga asam lambung, jadi kalo dimasukin asam lagi malah makin ngebuat lambung tambah parah kadar asamnya.

BTW asam lambung itu sama dengan maag. Kurang lebih. Soalnya ada yang nyebut penyakit sejenis ini asam lambung, ada yang nyebut juga sebagai maag. Tapi gejala dan sakitnya sama.

Ibu menganjurkan buat minum mylanta. Gue turutin perintahnya. Sekarang udah beli mylanta buat jaga-jaga aja kalo asam lambung gue kambuh lagi. Kan berabe kalo asam lambung menyerang di saat-saat yang krusial.

DAN untuk menyiasati kebosanan gue makan nasi dan menghindari makanan asam, gue jadi biasanya makan yang manis. Menurut gue sih, makanan manis tidak mengandung asam. Atau setidaknya lebih sedikit kandungan asamnya karena lebih banyak rasa manis di dalamnya.

Entah roti atau cokelat, semuanya lahap habis. Biasanya roti sobek atau roti tawar dilapisi dengan selai cokelat. Mumpung masih ada selai cokelat Ovomaltine yang teronggok nih.

Eh ya, Ovomaltine belom ada di Indonesia ya? Setau gue ini selai yang diproduksi oleh produsen yang sama yang memproduksi Ovaltine ini baru ada di toko-toko import. Baru nemu ini selai dipajang di sono. Belom dijual/ dilisensi di Indonesia? Padahal selai ini udah terkenal, yah walaupun harganya lebih tinggi dibanding yang lain. Eh tapi seenggaknya belom melebihi harga Nutella. Nutella emang selai kualitas selangit dengan harga yang juga selangit.

Back to sweets.
Gue memang suka manis. BANGET. Semua yang rasanya manus, terutama cokelat. DALAM BENTUK APAPUN, asalkan matang. Mau masih dalam bentuk cokelat yang batangan, selai, maupun sampe diolah jadi minuman cokelat, ataupun menjadi suatu isian rerotian dan perisa suatu makanan. Gue suka. Semua makanan yang punya option rasa cokelat, pasti pilih itu. Seenggaknya sampe sekarag gue hampir selalu milih rasa cokelat setiap ada rasa ini muncul dalam menu.

DAN INILAH SALAH SATU FAKTOR yang mengakibatkaan gue jadi makin gembul.
Gue bukannya nggak suka. Gue suka malah jadi lebih gendut. Jadi lebih berisi. Rasanya sukses buat nyempurnain badan biar nggak kurus kerempeng lagi. Segini pun masih belom gede. Gue masih pengen lebih gendut lagi. Gue masih mau tambah berisi lagi.

Makanya gue butuh banyak kalori.
Kalori banyak didapat di glukosa. Glukosa itu banyak terkandung di makanan manis. Itu lah salah satu sebab kegendutan gue, karena banyak makan makanan manis akhir-akhir ini.

Orang-orang salah kalo bilang banyak makanan berat bisa mengakibatkan kegendutan. Well, nggak sepenuhnya salah sih. BISA memang jadi gendut dengan memakan makan besar dengan banyak, misalnya nasi dua piring porsi kuli plus lauknya segunung. No offense. Tapi itu masih kalah kalo dibandingin sama kalori yang gue bilang tadi. Soalnya menurut gue, lebih efektif buat ngegendutin badan dengan makan makanan manis seperti cokelat dan rerotian.

Karbohidrat?
Lemak?
Itu mah buat tenaga.
Karbohidrat yang terkandung dalam nasi lebih cenderung memberimu tenaga untuk sehari-hari, kalorinya dikit. Mendingan makan roti aja deh, kalorinya lebih gede dari nasi, karbohidrat juga dapet walaupun nggak sebanding sama nasi.

Orang Indonesia sih lebih mentingin kenyang daripada takaran gizi. Dan juga nyari murah itu pasti. Makan nasi pasti kenyang. Makan roti juga bisa kenyang, tapi kenyang nya nggak nampol seperti makan nasi. Makanya orang lebih milih makan nasi. Tapi lihat orang bule di luar sono. Contohnya di Amerika dan Eropa. Emang mereka doyan makan nasi gitu? Tapi badan mereka bede-gede, bahkan average badan mereka lebih gede daripada average badan Asia. Mereka cuma makan roti aja bisa kenyang dan bisa gede badannya loh! Jadi jangan buat alesan kalo makan itu harus ada nasi. Tak ada nasi, roti pun jadi.

So, roti pula jadi pilihan gue. Makan nasi sih masih, terutama makan siang. Harus kemasukan nasi buat menghadapi kerjaan. Tapi kalo udah asam lambung dan males makan nasi, roti itu oke banget. Apalagi tambah selai cokelat. Mau Ovomaltine, mau Nutella, mau yang lain, asal itu cokelat, semuanya enak.

Cokelat itu enak.
Makanan manis itu enak. BANGET!

0 comment (s):

Post a Comment