Current Achievement :
Blog's Layout Version 22 "2016 Badge" ― 29 January 2016
Blog's 700th Post ― 20 August 2016
Blog's 100.000 Visitors ―
20 August 2016

It`s easy! Just click labels below :

Diary | Event | Introduction | Resensi | Download | Birthday and Anniversary
Pet Society | Walt Disney | Korea | Japan | Pirates and the Mermaid
Pulang Sekolah Family | Cerita Panjang | Anime, Game, Cartoon Lists on Blog

Or type your keyboard that you are looking for on the box below, then click SEARCH

search?

Wednesday, January 14, 2015

48Days 48Group Song Review Challenge: Day 3 〜 Sakura, Minna de Tabeta


Title: Sakura, Minna de Tabeta (桜、みんなで食べた)
Artist: HKT48
Release Date: 12 March 2014
Details: 3rd Single
Center: Tashima Meru, Tomonaga Mio
Original Lineup: Akiyoshi Yuka, Anai Chihiro, Kodama Haruka, Sashihara Rino, Tashima Meru, Nakanishi Chiyori, Matsuoka Natsumi, Ota Aika, Tomonaga Mio, Fuchigami Mai, Miyawaki Sakura, Murashige Anna, Motomura Aoi, Moriyasu Madoka, Tanaka Miku, Yabuki Nako


桜、みんなで食べた 満開の花びら
春風に吹かれた 一枚キャッチして…
Everyone ate the cherry blossoms, The fully bloomed petals
I catch one petal, Blowing in the spring breeze…


Sakura, Minna de Tabeta adalah single ke 3 dari HKT48.
Nggak ada yang berubah, centernya tetap Meru dan Mio.
Padahal mumpung judulnya sakura, aku berharap centernya adalah Sakura. Tapi tidak, Aki-P cukup mengecewakan untuk pemilihan center kali ini. Bukankah keren jika Sakura menjadi center pada lagu dengan judul sakura juga?

Sigh~

Tapi lagunya sendiri nggak buat kecewa.

So far, this is my favorite HKT48.

Bertemakan musim semi dan sakura, lagunya cukup cantik dikemas. Well you know, spring is my favorite season of the year. Tapi lagu sakura kali ini benar-benar bagus —selain Sakura no Hanabiratachi.

Lagu sakura ciptaan Aki-P untuk 48Group pasti bertempo slow dengan ritme lambat. Temanya juga tentang perpisahan. Mungkin karena di Jepang sendiri Spring identik dengan graduation atau perpisahan, jadi lagu sakura selalu dikaitkan dengan perpisahan dan kesedihan dengan tempo yang slow.

Tapi kali ini beda.

Sakura, Minna de Tabeta punya tempo yang cepat. Upbeat. Lagunya ceria. Kesampingkan liriknya, lagu ini bisa buat penyemangat!

Konsep PV nya sendiri bagus.
Cakep!

Aku suka bagian dance nya. Ditambah dengan efek tembok yang bergerak ke tengah dan seolah akan menghimpit mereka saat menari menciptakan suasana tersendiri. Saat reff lagu, para senbatsu harus dapat melawan tembok-tembok itu. Terkesan ini adalah sebuah cerita. Feel-nya sangat terasa saat bridge lagu, para senbatsu berjatuhan dan kelelahan seolah kehilangan kekuatan untuk melawan tembok yang menghimpit mereka itu. Tapi secercah harapan muncul. Kelopak sakura yang datang dari langit memberi semangat baru bagi mereka. Dan akhirnya mereka punya kekuatan lagi untuk melenyapkan tembok-tembok yang menghimpit mereka itu. Happy ending untuk dance part di PV nya.

Sedangkan non-dance part di PV nya (katanya) menceritakan tentang para esper yang bersekolah dan mereka belajar untuk menjadi esper yang hebat. Ada yang jadi kecil, ada yang jadi besar, ada yang belajar terbang, ada yang mengendalikan waktu, ada yang menggerakkan benda, dan sebagainya. Atau setidaknya itulah pandangan dariku. Bagian ini anti klimaks, tidak seperti dance part nya.

Dari sini, kuanggap PV nya terbagi menjadi 2 plot cerita. Walaupun di beberapa bagian antara dance dan non-dance nya terkesan nyambung satu sama lain, tetapi kedua bagian ini mempunyai alur yang berbeda.

DAN tentu saja kedua plot PV ini sama sekali tidak mencerminkan tentang lagunya. SAMA SEKALI tidak. Jangan heran karena memang PV 48Group kebanyakan begitu.

Liriknya menceritakan tentang perpisahan memang. Ada perasaan sedih dan air mata di dalamnya. Tapi ekpresi dan tempo upbeat dari lagunya menghapus semua itu. Seperti kubilang, lagunya sebagai penyemangat. Seperti kamu yang sedang sedih lalu kamu punya kekuatan lebih untuk menghadapi dan move on dari semua kesedihanmu dengan membuat dirimu tegar, sama seperti para senbatsu yang mendapat kekuatan lebih untuk lenyingkirkan tembok itu. Berkat sakura.

Wah, YA! —ternyata ada korelasi antara PV dan lagu. Walaupun hanya secercah. Setidaknya sakuranya nyambung. di PV dance nya sakura memberi semangat baru. Sakura pula ada di reff akhir lagu dan beterbaran saat senbatsu menari. Seperti kita di ajak untuk makan bersama di bawah indahnya pohon sakura. Kita dapatkan kekuatan baru dari keindahan yang diciptakan dari sakura, hilangkan semua kesedihan. Seperti judul lagu ini.

Sakura adalah kekuatan baru.
AH!
TEPAT SEKALI!
Ini adalah kode bahwa di masa depan Sakura akan mengambil peranan penting!
Terbukti,
Sakura menjadi center di AKB48 di single Kibouteki Refrain.
Sakura menjadi terkenal. Paling dikenal dari para member original HKT48 —original HKT48 ya!
Sakura adalah harapan di masa mendatang dari 48Group.
Sakura memiliki kekuatan untuk membangun 48Griup.
Good job Aki-P dan ALL HAIL SAKURA!

0 comment (s):

Post a Comment